
Dalam optimasi keyword ternyata tidak sembarang dalam memilih apa yang akan digunakan. Banyak tips dan trik yang bisa dilakukan dalam mengoptimasikannya, dan banyak juga tools yang bisa digunakan untuk membantu hal itu. Tips dan trik yang sedang saya uji cobakan adalah bagaimana memanfaatkan nilai efektifitas suatu keyword terhadap performansi SEO yang akan dilakukan.
Nilai efektifitas tersebut dihitung berdasarkan popularitas keyword perbulan berbanding dengan persaingannya di mesin pencari. Dengan melihat peluang ini, maka keyword apa yang akan dioptimasi bisa tercapai. Bagaimana menghitung hal tersebut ?!?
Tips dan trik 1, yakni menggunakan tools google adwords untuk menghitung popularitas perbulan (kita notasikan sebagai P). Kemudian akan diberikan alternatif keyword yang relevan dengan apa yang dimasukkan. Tips dan trik ini fungsinya untuk bisa memilih kesesuaian keyword yang akan dioptimasi.
Tips dan trik 2, menghitung nilai persaingan di mesin pencari (kita notasikan sebagi C) yakni dengan memasukkan keyword tersebut dalam google, kemudian lihat banyaknya kata pencarian yang muncul (seperti ini : Urutan 1 – 10 dari sekitar 1,670,000). Dengan ini maka kita bisa melihat persaingan situs yang menggunakan keyword yang sama.
Untuk menghitung nilai efektivitas keywordnya menggunakan rumus P^2/C. Dengan kata lain, nilai efektifitas ini setidaknya memberikan gambaran keyword seperti apa yang akan digunakan untuk optimasi. Dengan memanfaatkan peluang efektifitas keyword yang diberikan, maka web kita akan kebanjiran pengunjung.
Jikalau diasumsikan, dengan SEO kita bisa memposisikan keyword di posisi atas SERP, dan dengan efektifitas keyword ini akan menajamkan dan memberikan peluang yang lebih besar terhadap penggunaan SEO itu sendiri. Tips dan trik ini merupakan gambaran singkat bagaimana memilih perpaduan keyword yang benar.
Jika sebuah keyword di cari oleh 5000 orang dibandingkan dengan dicari 10000 orang, maka peluang kebanjiran pengunjung akan lebih besar dengan yang dicari 10000 orang. Dengan tips dan trik ini, kita akan lebih memilih keyword yang memiliki peluang yang dicari lebih banyak orang. Namun, Tips dan trik ini tidak memberikan jaminan secara mutlak, tentu teknik SEO yang lainnya juga berpengaruh, setidaknya ini merupakan alternatif pemilihan keyword yang bisa dipakai untuk optimasi.
No comments:
Post a Comment